Pengertian Gerbang Logika Beserta Jenisnya Lengkap

11:21:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Sebuah perangkap elektronika dapat bekerja karena terdapat suatu chip atau IC yang memiliki fungsi sebagai otak dari perangkat tersebut. IC dapat menyimpan beberapa program tergantung dari kapasitas IC tersebut. Program-program tersebut disimpan dan diteruskan melalui sebuah gerbang logika. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian gerbang logika beserta jenisnya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN GERBANG LOGIKA

Gerbang Logika atau yang biasa disebut dengan Logic Gate adalah suatu rangkaian dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang memiliki fungsi untuk mengganti satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logika. Gerbang Logika bekerja berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan dasar dari Teori Aljabar Boolean.

Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input yang akan menghasilkan Output Logika disebut dengan “Tabel Kebenaran” atau “Truth Table”.


Contoh penerapannya ke dalam suatu Rangkaian Elektronika yang biasanya memakai Transistor TTL atau Transistor - Transistor Logic,  maka 0 V dalam Rangkaian akan artikan sebagai “LOW” atau “0” sedangkan 5V akan diartikan sebagai “HIGH” atau “1”.


JENIS - JENIS GERBANG LOGIKA

Gerbang logika memiliki beberapa jenis dan fungsinya masing-masing, berikut adalah jenis-jenis gerbang logika :

GERBANG AND (AND GATE)

Gerbang AND menggunakan 2 atau lebih Input untuk menghasilkan hanya 1 Output. Gerbang AND akan menghasilkan Output Logika 1 jika semua Input bernilai Logika 1 dan akan menghasilkan Output Logika 0 jika salah satu dari Input bernilai Logika 0.

Simbol yang menggambarkan Operasi Gerbang Logika AND adalah tanda titik (“.”) atau tidak menggunakan tanda sama sekali. Contohnya : Z = X.Y atau Z = XY.


GERBANG OR (OR GATE)

Gerbang OR menggunakan 2 atau lebih Input untuk menghasilkan hanya 1 Output. Gerbang OR akan menghasilkan Output 1 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin menghasilkan Output Logika 0, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0.
Simbol yang menandakan Operasi Logika OR adalah tanda Plus (“+”). Contohnya : Z = X + Y.


GERBANG NOT (NOT GATE)

Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Output. Gerbang NOT disebut juga dengan Inverter atau Pembalik karena menghasilkan Output yang berlawanan atau kebalikan dengan Masukannya. Berarti jika kita ingin mendapatkan Output dengan nilai Logika 0 maka Inputnya harus bernilai Logika 1.
Gerbang NOT biasanya dilambangkan dengan simbol minus (“-“) di atas Variabel Inputnya.


GERBANG NAND (NAND GATE)

Arti NAND adalah NOT AND atau BUKAN AND, Gerbang NAND merupakan gabungan dari Gerbang AND dan Gerbang NOT yang akan menghasilkan kebalikan dari Output Gerbang AND. 
Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran Logika 0 apabila semua Input pada Logika 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Output Logika 1.


GERBANG NOR (NOR GATE)

Arti NOR adalah NOT OR atau BUKAN OR, Gerbang NOR merupakan gabungan dari Gerbang OR dan Gerbang NOT yang akan menghasilkan kebalikan dari Output Gerbang OR.
Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran Logika 0 jika salah satu dari Input bernilai Logika 1 dan jika ingin mendapatkan Keluaran Logika 1, maka semua Input harus bernilai Logika 0.


GERBANG X-OR (X-OR GATE)

X-OR adalah singkatan dari Exclusive OR yang terdiri dari 2 Input dan 1 Output Logika. Gerbang X-OR akan menghasilkan Output Logika 1 jika semua Input mempunyai nilai Logika yang berbeda.
Jika nilai dari  Logika Inputnya sama, maka akan memberikan hasil Keluaran Logika 0.


GERBANG X-NOR (X-NOR GATE)

Seperti Gerbang X-OR,  Gerbang X-NOR juga terdiri dari 2 Input dan 1 Output. X-NOR adalah singkatan dari Exclusive NOR dan merupakan gabungan dari Gerbang X-OR dan Gerbang NOT. Gerbang X-NOR yang akan menghasilkan Output Logika 1 jika semua Inputnya bernilai Logika sama dan akan menghasilkan Output Logika 0 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang berbeda.
Keadaan ini merupakan kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR).


Demikian penjelasan tentang Pengertian Gerbang Logika Beserta Jenisnya Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar

Populer Hari Ini