Pengertian Demodulasi Lengkap

2:18:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Setelah sebuah sinyal dimodulasi oleh modulator dan kemudian dikirimkan ke penerima, lalu bagaimana sinyal tersebut dapat diuraikan atau dibaca oleh penerima? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian demodulasi yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN DEMODULASI

Demodulasi  adalah kebalikan dari modulasi yang berarti pemisahan sinyal informasi dari sinyal carrier (pembawa). Proses demodulasi sendiri memerlukan alat-alat yang tidak linier atau berubah-ubah. Peng-switch-an (penggantian) linier karena rangkaian tak linier yang dipergunakan pada dasarnya sama dengan detail-detail operasi detektor itu sendiri.


JENIS - JENIS DEMODULASI

Demodulasi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu demodulasi AM (amplitude modulation), demodulasi FM (frequency modulation), dan demodulasi PAM (pulse amplitude modulation)



DEMODULASI AM

Modulasi gelombang pembawa mempunyai bentuk, tetapi apabila gelombang tersebut diterima setelah melewati jaringan kirim dan jaringan terima, makan gelombang tersebut akan mempunyai gelombang yang disebabkan oleh arus elektris yang biasanya lemah, maka harus diperkuat oleh amplifier, contoh amplifier adalah transistor.


DEMODULASI FM

Teknik demodulasi FM kuadratus adalah salah satu teknik demodulasi FM dengan cara memecah sinyal kedua buah kanal. Menggeser fasa sinyal salah satu kanal sebesar 90°. Dikurangi dengan perkalian antara sebuah konstanta dengan selisih frekuensi tengah (IF) dengan frekuensi masukan.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini