Pengertian Tumbuhan Berpembuluh dan Tidak Berpembuluh Beserta Contohnya Lengkap

8:27:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Seperti yang kita tahu, tumbuhan memiliki banyak ragam jenis dan bentuknya. Keanekaragaman jenis ini dapat kita kelompokan menjadi beberapa kelompok guna memudahkan kita untuk mempelajarinya. Kingdom plantae atau tumbuhan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jenis tumbuhan tidak berpembuluh dan jenis tumbuhan berpembuluh. Karena itu pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian tumbuhan berpembuluh dan tidak berpembuluh beserta contohnya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti. 


PENGERTIAN TUMBUHAN TIDAK BERPEMBULUH

Tumbuhan tidak berpembuluh adalah jenis tumbuhan yang tidak mempunyai akar, batang, daun, dan juga tidak mempunyai pembuluh untuk mengangkut zat makanan ke seluruh bagian tumbuhan tersebut. 


CONTOH TUMBUHAN TIDAK BERPEMBULUH

Tumbuhan yang tidak berpembuluh ada pada bryophyta atau yang biasa disebut sebagai lumut. Tumbuhan lumut ini terdiri dari lumut daun dan lumut hati.



PENGERTIAN TUMBUHAN BERPEMBULUH

Tumbuhan berpembuluh adalah jenis tumbuhan yang mempunyai akar, batang, daun, dan juga pembuluh untuk mengangkut zat makanan ke seluruh bagian tumbuhan tersebut.


Pembuluh pada tumbuhan berpembuluh ada dua macam, yaitu pembuluh kayu atau xilem dan pembuluh tapis atau floem.

1. Pembuluh Kayu

Pembuluh Kayu adalah pembuluh yang mempunyai fungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah melalui akar dan disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan sampai ke daun.

2. Pembuluh Tapis

Pembuluh tapis adalah pembuluh yang mempunyai fungsi mengangkut zat makanan hasil dari proses fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan sampai ke akar.

Tumbuhan berpembuluh ini terdiri dari dua kelompok, yaitu tumbuhan berpembuluh tidak berbiji dan tumbuhan berpembuluh berbiji.
Tumbuhan berpembuluh tidak berbiji contohnya Pteridophyta atau tumbuhan paku-pakuan dan tumbuhan berpembuluh berbiji contohnya Spermatophyta atau tumbuhan biji.



Demikian penjelasan tentang Pengertian Tumbuhan Berpembuluh dan Tidak Berpembuluh Beserta Contohnya Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini