Pengertian Sel Makhluk Hidup Lengkap

10:28:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup yang berfungsi sebagai pengatur dari organ-organ tubuh makhluk hidup tersebut. Manusia, hewan dan tumbuhan memiliki bentuk sel yang berbeda-beda. Oleh karena itu pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian sel makhluk hidup yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


SEJARAH PENEMUAN SEL

Penelitian menegenai sel pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuan bernama Robert Hooke pada tahun 1665 yang mengamati irisan gabus batang dari tumbuhan dengan menggunakan mikroskop. Pada irisan gabus terdapat ruangan kosong yang bersekat yang kemudian disebut sel.


PENGERTIAN SEL

Sel adalah unit atau satuan terkecil yang menyusun sebuah tubuh makhluk hidup. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memiliki kemampuan untuk tumbuh serta berkembang

Tubuh makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang karena pertambahan jumlah sel tersebut. Sel pada tubuh makhluk hidup melakukan aktivitas karena memperoleh makanan serta energi.

Satu sel makhluk hidup mampu melaksanakan fungsi kehidupan sehingga dapat berkembang biak menjadi beberapa individu baru jika ditempatkan dalam media pertumbuhan yang sesuai.

Ukuran sel sendiri sangat bervariasi. Sel terkecil yang ditemukan adalah sel bakteri mikoplasma yang diameter selnya sekitar 0,1 µm. Sedangkan sel manusia memiliki diameter sekitar 20 mm. Dan yang terbesar adalah sel telur dari seekor burung unta, diameter selnya bisa mencapai 25 mm.



KELOMPOK MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN JUMLAH SEL

Dari banyak jumlah selnya, makhluk hidup dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu:

Makhluk hidup unisel, adalah makhluk hidup bersel satu. Contohnya virus, bakteri, ganggang biru, euglena, amoeba, dan paramaecium.

Makhluk hidup multisel, adalah makhluk hidup bersel banyak. Contohnya manusia, hewan, serta tumbuhan.


KELOMPOK MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN ADA TIDAKNYA SEL

Dari ada tidaknya membran inti sel, sel terbagi menjadi 2, yaitu:

Sel prokariotik, adalah sel yang tidak memiliki membran inti yang digunakan untuk melindungi material inti. Contohnya, sel bakteri dan sel alga biru.

Sel eukariotik, adalah sel yang memiliki membran inti yang digunakan untuk melindungi material inti. Contohnyanya, sel manusia, sel hewan, dan sel tumbuhan.



STRUKTUR SEL

Struktur sel makhluk hidup itu terdiri dari membran sel, sitoplasma dan inti sel.


1. MEMBRAN SEL

Membran sel merupakan bagian yang membungkus sel sebelah luar, mengatur lalu lintas dari pengangkutan zat-zat dari dan ke dalam sel, dam menjaga keseimbangan jumlah zat kimia di dalam dan di luar sel. Makanan dan oksigen akan diangkut ke dalam sel melalui membran sel. Zat sisa juga akan dibuang ke luar sel melalui membran sel tersebut.


2. SITOPLASMA

Sitoplasma merupakan bagian sel yang hidup dan menjadi tempat kegiatan sel. Bagian sel ini disusun oleh karbohidrat, air, protein, lemak, dan mineral serta vitamin.

Sitoplasma memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan bahan kimia sel dan juga sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel. Sitoplasma sendiri terdiri dari bagian cair yang disebut sitosol dan pada bagian yang padat disebut organel.

Organel memiliki fungsi menjalankan fungsi sel. Organel - organel tersebut di antaranya retikulum endoplasma, ribosom, mitokondria, badan golgi, dan lisosom.

a. Retikulum endoplasma memiliki fungsi dalam sintesis lemak serta transpor zat di dalam sel.

b. Ribosom berperan dalam pembentukan zat protein.

c. Mitokondria memiliki fungsi sebagai penghasil energi karena organel ini terlibat dalam proses pernapasan sel.

d. Badan golgi berperan dalam ekskresi sel, pembentukan dinding sel serta pembentukan lisosom.

e. Lisosom berperan dalam pencernaan di dalam sel.


Tidak semua organel sel hewan dan manusia terdapat di dalam sel tumbuhan. Begitu juga sebaliknya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini