Pengertian Organ Pada Makhluk Hidup Beserta Contohnya Lengkap

9:54:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik karena tersusun atas beberapa organ yang bekerja masing-masing namun saling berkaitan. Begitu pula hewan dan tumbuhan, memiliki organ agar dapat hidup dengan baik. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian organ pada makhluk hidup beserta contohnya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.

Sebelum membahas tentang organ, pastikan kalian sudah mengerti tentang sel. Kumpulan dari sel tersebut akan membentuk suatu jaringan. Dan kemudian kumpulan dari jaringan itu akan membentuk sebuah organ. Namun apakah hanya seperti itu? Tentu tidak.


PENGERTIAN ORGAN

Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan yang mempunyai fungsi tertentu di dalam tubuh, sedangkan tubuh itu sendiri adalah gabungan dari beberapa organ tubuh yang menjalankan suatu fungsi tertentu.


STRUKTUR ORGAN

Sekarang kita akan membahas tentang struktur organ itu sendiri.


1. Struktur Organ Manusia dan Hewan

Jantung dan hati serta paru-paru merupakan sebagian dari organ yang ada di dalam tubuh kita. Disebut organ karena jantung, hati, paru-paru, dan organ lainnya tersusun oleh beberapa jaringan untuk melakukan suatu fungsinya masing-masing


Di dalam organ jantung terdapat beberapa jaringan otot yang berguna untuk mengkontraksikan dan memompa darah, jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung jantung, dan juga jaringan saraf yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang dari otak menuju jantung tersebut.

Contoh organ manusia dan hewan yang lainnya yaitu mata berfungsi untuk melihat, telinga berfungsi untuk mendengar, hidung berfungsi untuk mencium aroma, mulut berfungsi untuk mencerna makanan, ginjal berfungsi untuk menyaring darah, hati berfungsi untuk mengeluarkan empedu, dan lain sebagainya.


2. Struktur Organ Tumbuhan

Organ pada tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, dan buah serta biji. Akar tumbuhan memiliki fungsi untuk menyerap air dan mineral, menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan dan makhluk lain, alat pernapasan, dan alat pengangkut.

Batang pada tumbuhan berguna sebagai tempat untuk menempelnya organ lain seperti daun, bunga, dan buah, menyimpan cadangan makanan, mengokohkan tubuh dari tumbuhan tersebut, dan mengangkut seluruh zat yang diperlukan oleh tumbuhan.

Daun pada tumbuhan berfungsi sebagai tempat pembuatan zat makanan melalui proses fotosintesis, alat pernapasan, dan penguapan.

Bunga pada tumbuhan berfungsi sebagai alat perkembangbiakan atau reproduksi bagi tumbuhan tersebut yang dapat menghasilkan buah dan di dalam buah terdapat biji sebagai bakal tumbuhan baru.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini