Pengertian Fotosintesis Beserta Faktor Yang Mempengaruhi Lengkap

9:55:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Sebagai  tingkatan produsen, tumbuhan mampu untuk membuat serta menyediakan makanan sendiri dan untuk makhluk hidup lainnya melalui fotosintesis. Hampir seluruh makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan tumbuhan melalui fotosintesis. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian fotosintesis beserta faktor yang mempengaruhinya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN FOTOSINTESIS

Fotosintesis adalah proses pembentukan senyawa kompleks dari senyawa sederhana dengan menggunakan bantuan energi cahaya matahari. Tumbuhan yang memanfaatkan energi cahaya matahari adalah tumbuhan berklorofil, tepatnya pada jaringan palisade. Klorofil adalah zat hijau yang terdapat di daun.

Seperti proses memasak, fotosintesis memerlukan bahan. Bahan yang dibutuhkan adalah molekul air atau H2O dan karbon dioksida atau CO2. Bahan-bahan tersebut akan membentuk senyawa glukosa atau molekul gula dan menghasilkan oksigen atau O2.

Secara kimiawi, proses fotosintesis dapat dituliskan dengan reaksi berikut ini.

6CO2 + 6H2O ==> C6H12O6 + 6O2

(air) + (karbon dioksida) ==> (glukosa) + (oksigen)



TAHAPAN FOTOSINTESIS

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahap, sebagai berikut.


1. Reaksi Terang Fotosintesis

Dalam tahap ini, klorofil menyerap energi cahaya matahari untuk memecah molekul air yang disebut dengan fotolisis, menjadi ion oksigen serta ion hidrogen.


molekul air ==> ion hidrogen + ion oksigen


2. Reaksi Gelap Fotosintesis 

Dalam tahap ini terjadi pengikatan karbon dioksida di dalam daun. Karbon dioksida tersebut akan bergabung dengan ion hidrogen yang dihasilkan dalam reaksi terang menjadi molekul gula atau glukosa.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FOTOSINTESIS

Di bawah merupakan faktor-faktor penting yang mempengaruhi fotosintesis :

1. CAHAYA

Energi cahaya dari matahari yang diserap tumbuhan tergantung pada intensitas cahaya yang dipancarkan matahari, panjang gelombang cahaya matahari, dan lama waktu penyinaran cahaya matahari terhadap daun. Jika intensitas cahaya terlalu tinggi itu tidak baik karena dapat merusak klorofil.


2. KARBON DIOKSIDA

Semakin banyak jumlah karbon dioksida yang ada di udara, jumlah bahan yang digunakan untuk fotosíntesis semakin banyak, namun kenaikan jumlah karbon dioksida harus sesuai dengan intensitas cahaya yang diterima oleh daun.


3. SUHU

Enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya mampu untuk melakukan tugasnya pada suhu optimal tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin.


4. AIR

Kekurangan jumlah air menyebabkan stomata di daun menutup dan akan menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga mengurangi laju proses fotosintesis.


5. PERTUMBUHAN TANAMAN

Proses fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang saat berkecambah daripada tumbuhan yang telah dewasa.


6. OKSIGEN

Kenaikan jumlah oksigen dapat menghambat proses fotosintesis karena oksigen tersebut merupakan komponen untuk respirasi dan hasil dari fotosintesis.


7. KLOROFIL

Apabila kadar klorofil berkurang, daun akan berubah menguning dan hal ini akan menurunkan laju proses fotosintesis.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini