Dampak Negatif Dari Pencemaran Lingkungan Bagi Manusia

7:48:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Perubahan iklim yang sangat signifikan terjadi terus menerus. Keadaan ini membuat bumi menjadi tidak lagi nyaman untuk dihuni. Kerusakan alam yang terus menerus terjadi akibat ulah dari manusia sendiri sangat sulit untuk dibendung Apalagi pencemaran lingkungan yang sudah menjadi hal yang umum bagi kita, contohnya membuang sampah sembarangan.

Untuk menyadarkan kita pentingnya menjaga lingkungan demi kenyamanan diri kita sendiri sebagai penghuni alam ini, oleh karena itu pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang dampak negatif dari pencemaran lingkungan bagi manusia yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


DAMPAK NEGATIF PENCEMARAN LINGKUNGAN

Di bawah ini  adalah dampak negatif yang paling terasa bagi kehidupan di bumi terutama bagi manusia akibat pencemaran lingkungan;


1. EFEK RUMAH KACA

Seperti yang kita tahu, rumah kaca memiliki hawa hangat karena sifat dari kaca membiaskan sinar matahari yang masuk namun mencegah udara hangat keluar. Begitu pula dengan lapisan karbon dioksida dan gas-gas lainnya yang kini berada di atmosfer yang menyelimuti permukaan bumi dan menimbulkan efek yang sama seperti rumah kaca tadi.


Lapisan yang ada di atmoster tersebut membiarkan sinar matahari masuk ke permukaan bumi namun kemudian menahan sebagian besar panas di bawah atmosfer serta mencegah hawa panas tersebut lolos ke ruang angkasa dalam wujud radiasi.

Hawa panas yang terkurung akibat efek rumah kaca tersebut akan menghangatkan bumi. Kadar karbon dioksida yang telah melebihi ambang batas akan menghalangi pantulan sinar ultraviolet dari permukaan bumi ke atmosfer sehingga temperatur dari permukaan bumi menjadi naik. Peningkatan suhu permukaan bumi ini kita sebut pemanasan global.


B. PENIPISAN LAPISAN OZON

Lapisan ozon adalah sebuah selimut atmosfer bumi. Lapisan ini berguna untuk melindungi kita dari sinar ultraviolet (UV). Radiasi dari UV dapat membahayakan bagi kesehatan manusia, termasuk memicu kanker kulit.

Namun sekarang lapisan ozon semakin menipis, dan setiap tahun terlihat lubang di langit Antartika. Terbentuknya lubang ozon disebabkan oleh rumpun gas CFC. Gas CFC masuk ke dalam atmosfer kemudian merusak lapisan ozon.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini