Bagian - Bagian Sel Manusia dan Hewan Beserta Fungsinya Lengkap

9:48:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup yang berfungsi sebagai pengatur dari organ-organ tubuh makhluk hidup tersebut. Manusia dan hewan memiliki bentuk sel yang berbeda dengan tumbuhan. Di dalam sel terdapat bagian-bagian yang memiliki perannya masing-masing. Oleh karena itu pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang bagian-bagian sel manusia dan hewan beserta fungsinya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.



BAGIAN - BAGIAN SEL MANUSIA DAN HEWAN

Berikut adalah gambar serta keterangan bagian-bagian dari sel manusia dan hewan beserta fungsinya.
Gambar : Sel manusia dan hewan

Keterangan bagian-bagian sel hewan:

1. Membran selbagian ini berfungsi untuk melindungi isi sel, sebagai tempat masuknya zat yang dibutuhkan sel, serta tempat keluarnya zat sisa.       

2. Sentriol, bagian ini membantu dalam organisasi gelendong mitosis dan dalam penyelesaian sitokinesis serta tata ruang dalam sel.

3. Inti sel atau nukleusbagian ini berperan sebagai pusat pengaturan serta pengontrolan semua kegiatan sel.  

4. Mitokondria, bagian ini berfungsi sebagai alat pernapasan untuk memperoleh energi bagi tumbuhan.       

5. Sitoplasma, bagian ini sebagai bagian dari sel yang hidup sebagai tempat kegiatan sel. Bagian sel ini disusun oleh air, protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.           

6. Vakuola, bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan serta zat kimia lainnya.

7. Membran intibagian ini yang berperan melindungi inti sel serta sebagai jalan masuknya zat yang dibutuhkan inti sel, dan juga sebagai tempat keluarnya zat sisa dari inti sel.

8. Kromosom, bagian ini berfungsi sebagai penyimpanan bahan materi genetik kehidupan atau yang biasa disebut dengan DNA.

9. Badan golgi, bagian ini berfungsi memperbaiki struktur membran sel atau membran plasma, mengolah protein atau hasil sintesis oleh retikulum endoplasma, berperan langsung dalam transportasi materi metabolisme, perakit karbohidrat khususnya oligosakarida pada protein membran, menyortir protein protein tertentu seperti pembentuk lisosom, dan pembentukan lipoprotein bersama dengan RE. halus.

10. Lisosom, bagian ini berfungsi untuk mencernakan zat zat yang belum dapat diuraikan oleh selmeng, hancurkan bagian bagian sel atau organel yang rusak dan tidak berfungsi lagi dan lisosom itu sendiri, serta menyediakan nutrisi bagi sel lain dari penghancurkan diri lisosom tersebut.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini