Pengertian Rantai Makanan Dan Aliran Energi Ekosistem Lengkap

3:47:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang Pengertian Rantai Makanan Dan Aliran Energi Ekosistem yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


APA SIH RANTAI MAKANAN ITU?

Makanan sendiri merupakan kebutuhan pokok untuk proses kehidupan semua organisme, baik yang berperan sebagai produsen, konsumen, ataupun pengurai. Tumbuhan akan berfotosintesis untuk menghasilkan makanan berupa zat gula yang disimpan oleh tumbuhan dan dimakan oleh konsumen.

Konsumen adalah pemakan tumbuhan, konsumen juga bisa dimakan konsumen lainnya sehingga terjadi proses memakan dan dimakan. Energi dari matahari akan diserap tumbuhan yang berperan sebagai produsen yang kemudian akan dimakan oleh herbivora yang berperan sebagai konsumen I. Herbivora yang memiliki energi ini akan dimakan oleh karnivora yang berperan sebagai konsumen II, dan karnivora dimakan oleh karnivora lainnya yaitu konsumen III.

Proses di atas dapat kita sebut sebagai rantai makanan karena bentuknya seperti rantai.



ALIRAN ENERGI EKOSISTEM

Aliran Energi pada Ekosistem sendiri adalah proses berpindahnya suatu energi dari tingkat trofik satu ke tingkat trofik berikutnya yang dapat digambarkan sebagai rantai makanan yang sudah dijelaskan tadi atau dengan menggunakan piramida biomasa.

Contoh Aliran Energi dalam sebuah ekosistem, yaitu;

1. Sinar matahari mempunyai peran sebagai sumber energi dibumi yang diserap tumbuhan.

2. Tumbuhan dengan bantuan energi dari matahari membuat makanan.

3. Belalang makan tumbuhan sehingga belalang dapat melakukan aktivitasnya.

4. Katak makan belalang sehingga katak dapat terus hidup.

5. Ular makan katak. Katak ini adalah sumber energi bagi ular.

6. Burung elang makan ular. Sehingga elang dapat hidup, dapat terbang, dan juga dapat bekembang biak.

Gambar : Rantai makanan

Jadi, secara bertahap, energi akan terus berpindah dari organisme satu ke organisme lainnya atau dari produsen ke konsumen tingkat I, II, III atau hingga ke konsumen yang berada di puncak sehingga terbentuklah aliran energi dalam ekosistem yang disebut sebagai rantai makanan.



Itu tadi adalah penjelasan tentang Pengertian Rantai Makanan Dan Aliran Energi Ekosistem Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini