Pengertian Resistor Beserta Simbolnya Lengkap

3:25:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Dalam rangkaian elektronika, arus yang masuk harus dihambat terlebih dahulu sebelum masuk ke beban. Untuk menghambat arus tersebut digunakan sebuah komponen khusus yang disebut resistor. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian resistor beserta simbolnya yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.



PENGERTIAN RESISTOR

Resistor adalah sebuah komponen elektronika yang mempunyai fungsi untuk menghambat atau membatasi aliran listrik yang melalui dalam suatu rangkain elektronika. Berdasarkan fungsi resistor yang sesuai namanya bersifat resistif dan termasuk salah satu komponen elektronika yang berada di dalam kategori komponen pasif. Satuan atau nilai resistansi suatu resistor di sebut Ohm dan dilambangkan dengan sebuah simbol yaitu Omega (Ω).


Sesuai hukum Ohm bahwa resistansi berbanding terbalik dengan banyaknya arus yang mengalir melalui resistor. Selain nilai dari resistansinya (Ohm) resistor juga memiliki nilai yang lain yaitu nilai toleransi dan nilai kapasitas daya yang mampu dilewatkannya. 


SIMBOL RESISTOR

Berikut adalah simbol resistor dalam bentuk gambar yang sering dipakai dalam suatu desain rangkaian elektronika :



Resistor dalam suatu teori dan penulisan formula yang berkaitan dengan sebuah resistor disimbolkan dengan huruf “R”. Kemudian pada desain skema rangkaian elektronika sebuah resistor tetap disimbolkan dengan huruf yaitu R, resistor variabel disimbolkan dengan huruf yaitu VR dan untuk resistor jenis potensiometer ada yang disimbolkan dengan huruf yaitu VR dan POT.


Itu tadi adalah pembahasan tentang Pengertian Resistor Beserta Simbolnya Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini