5 Penyebab Sariawan Yang Wajib Kamu Tahu

11:53:00 PM
TAMBANGILMU.COM - Sariawan memang penyakit yang menyebalkan. Terutama bila sariawan berada di lidah. Bukan saja sakit saat makan atau minum, rasa sakitnya akan menahan Anda untuk tidak berbicara. Banyak cara yang dapat di lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya hingga menyembuhkannya.

Namun sebelum Anda melakukan pengobatan, ada baiknya jika Anda tahu penyebab sariawan dapat terbentuk. Ada beberapa hal pemicu terbentuknya sariawan pada mulut atau lidah Anda, yaitu :


DAYA TAHAN TUBUH RENDAH

Ketika daya tahan tubuh yang rendah, segala macam penyakit akan datang dan menyerang kita kapan saja. Ada baiknya selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan agar daya tahan tubuh terhadap penyakit tetap terjaga.



KONDISI MULUT YANG BURUK ATAU TERLUKA 

Kurangnya kesadaran untuk menjaga keberihan mulut adalah faktor utama penyebab terbentuknya sariawan pada mulut atau lidah. Usahakan selalu membersihkan mulut setelah makan, gosok gigi pagi dan malam hari. Ini akan mengurangi resiko terbentuknya sariawan. Goresan sedikit saja pada bagian lidah dan mulut dapat menyebabkan terbentuknya sariawan. Untuk itu berhati-hatilah saat mengunyah makanan dan menggosok gigi.


ALERGI

Sariawan dapat terbentuk akibat kita mempunyai alergi terhadap makanan yang kita konsumsi. Cari tahu makanan apa yang menyebabkan sariawan terbentuk, dan sebisa mungkin hindari konsumi makanan tersebut. 


KEKURANGAN VITAMIN

Bukan hanya kekurangan vitamin C yang membuat kita dapat terserang sariawan. Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan terbentuknya sariawan. Maka dari itu sebisa mungkin konsumsi sayur dan buah setiap hari untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin.


GEN ATAU KETURUNAN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini