Pengertian Seven Segment Lengkap

9:42:00 AM
TAMBANGILMU.COM - Coba Anda perhatikan jam tangan digital Anda! Di sana terdapat beberapa buah garis yang akan menyala bergantian untuk menunjukan pukul berapa saat ini. Hal tersebut juga ada pada hitung mundur trafficlight yang ada di persimpangan jalan. Pada kolom yang akan menunjukan satu karakter angka terdapat 7 buah garis yang akan menyala bergantian. Benda tersebut adalah sebuah seven segment. Pada kesempatan ini admin tambangilmu akan membagikan tentang pengertian seven segment yang akan dijelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.


PENGERTIAN SEVEN SEGMENT

Seven Segment adalah rangkaian segmen-segmen yang biasa digunakan untuk menampilkan angka / bilangan desimal. Seven segment ini terdiri dari 7 buah batang LED kecil dengan ukuran sama yang disusun membentuk seperti angka 8 dengan menggunakan huruf 'a' sampai dengan 'f' yang disebut DOT MATRIKS. Setiap bagian segment dapat terdiri dari 1 atau 2 LED atau Light Emitting Dioda.


Seven segment mampu untuk menampilkan susunan angka desimal dan beberapa karakter tertentu dengan kombinasi aktif atau tidaknya LED pada penyusunan dalam seven segment. 

Untuk mempermudah dalam pengguna seven segment, biasanya digunakan sebuah decoder atau sebuah seven segment driver yang akan mengatur aktif atau tidaknya sebagian atau seluruh LED dalam seven segment sesuai dengan inputan biner yang diberikan.

Sinyal input dari switches tidak dapat langsung diteruskan ke peraga 7 segmen, sehingga harus menggunakan decoder BCD (Binary Code Decimal) ke 7 segmen sebagai antarmuka. 

Decoder ini terdiri  dari gerbang-beberapa gerbang logika yang masukannya berupa digit BCD dan keluarannya akan berupa beberapa buah saluran untuk mengemudikan tampilan 7 segmen.


Demikian penjelasan tentang Pengertian Seven Segment Lengkap. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Populer Hari Ini